Sabtu, 25 Mei 2013

Pacu Jalur Kuantan Singingi

Dua Jalur Sedang Berpacu
Tradisi pacu jalur adalah kegiatan olahraga dayung tradisonal dari Kabupaten Kuantan Singingi di Provinsi Riau. Olahraga dayung ini menggunakan perahu yang terbuat dari kayu gelondongan yang panjang yang disebut Jalur. Pacu Jalur diselenggarakan setiap tahun dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Festival pacu jalur setiap tahunnya selalu dimeriahkan oleh ratusan perahu dan ribuan atlet dayung, begitu juga dengan warga masyarakat yang datang berbondong-bondong untuk menyaksikan secara langsung festival pacu jalur tersebut. 
Perahu gelondongan yang digunakan untuk balap dayung di Teluk Kuantan ini rata-rata panjangnya 25 sampai 40 meter. Setiap perahu menampung sekitar 40 sampai 60 atlet dayung. Tradisi pacu jalur sampai sekarang masih dilestarikan dan telah menjadi salah satu kegiatan rutin tahunan Dinas Pariwisata Kabupaten Kuantan Sangingi. Kemeriahan festival pacu jalur mampu menarik ribuan wisatawan dari dalam dan luar negeri.
Pacu jalur dari Kuantan Singingi memiliki sejarah dari kegiatan masyarakat setempat pada tahun 1900-an. Di masa lalu masyarakat daerah Kuantan Singingi menggunakan perahu-perahu gelondongan sebagai sarana transportasi.

Perahu gelondongan juga digunakan untuk mengangkut dan memindahkan hasil bumi atau hasil hutan dari daerah Kuantan Singingi.

2 komentar: