Selasa, 04 Juni 2013

Sejarah Benteng Huis Van Behauring Bengkalis



Benteng Huis Van Behauring adalah penjara Belanda yang dibangun dengan dua lapis tembok berbentuk gedung serupa. Bagian lapis luar gedung dijadikan semacam kantor bagi sipir, sementara bagian dalamnya khusus untuk tahanan.
Benteng Huis Van Behauring menjadi salah satu wisata sejarah di Bengkalis. Benteng wisata sejarah Bengkalis ini berbentuk liter U. Sayangnya Huis Van Behauring kurang terawat untuk dijadikan objek wisata. Gedung kokoh tersebut terbagi menjadi 25 ruang tahanan. Ruanganya kecil-kecil, setiap ruang-tahanan hanya ada jendela kecil yang bersel, gelap karena sejak awal tidak disertai intalasi listrik sama sekali.

Dulunya para narapidana di dalamnya bukan saja warga setempat, tapi juga buangan dari daerah lain. Makanya sekarang, di Bengkalis banyak ditemui kuburan raja-raja dari berbagai daerah, karena kemungkinan mereka merupakan tawanan yang akhirnya meninggal di dalam penjara.

Keadaan situs sejarah Huis Van Behauring kini sungguh menyedihkan, sebab tidak terawat serta tidak diperhatikan oleh pemerintah setempat. Padahal, jika dipugar dan dipoles bangunan kono Belanda ini bisa menjadi Objek Wisata Andalan Bengkalis. Huis Van Behauring saat ini hanya dirawat oleh seorang ibu tua serta anak-anaknya yang-tinggal disana. Mereka adalah anak keturunan pegawai penjara ini setelah diambil alih dari Belanda. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar